MENU HORISONTAL

Minggu, 08 Desember 2013

PENGENALAN ALAT PANJAT TEBING



Jumlah setiap peralatan yang digunakan akan dipengaruhi oleh jumlah pemanjat, tehnik pemanjatan maupun medan pemanjatan. Macam peralatan akan dipengaruhi oleh kesiapan pemanjat, baik kemampuan maupun antisipasinya.

Berikut beberapa peralatan dasar yang digunakan untuk memanjat tebing:[4]


• Helm, pada pemanjatan tebing berfungsi kurang lebih sama dengan helm pada umumnya yaitu untuk melindungi kepala dari benturan dan jatuhan batu.


• Kernmantle rope/Tali kernmantle, merupakan peralatan pengaman utama bagi pemanjat dari kejatuhan dengan jarak ketinggian tertentu. Panjang Kernmantle rope rata-rata adalah 50 - 70 meter.





• Climbing Shoes/Sepatu Panjat untuk panjat tebing maupun panjat dinding memiliki kesamaan fungsi, yaitu untuk membantu pemanjat untuk berpijak pada permukaan vertikal, dan melindungi kaki dari tajamnya bebatuan maupun gesekan bebatuan yang kasar selain itu sol sepatu yang dipergunakan merupakan karet khusus sehingga memungkinkan untuk berpijak pada permukaan yang halus.


• Chalk bag/Kantung kapur, merupakan sebuah tas kantung untuk menampung bubuk magnesium karbonat, yang membantu pemanjat mengurangi kelembapan pada telapak tangan ketika melakukan pemanjatan, sehingga dapat membuat pegangan pemanjat tetap stabil.


• Sling, sangat bermanfaat pada panjat tebing maupun panjat dinding, sling dapat digunakan sebagai runners, back up maupun menjadi bagian pengaman lainnya. Sling dibagi menjadi dua macam, sling prusik dan sling webbing, untuk panjang dan diameter sling memiliki banyak variasi.

• Body harness, merupakan peralatan panjat yang dikenakan pada tubuh. Body harness biasa digunakan untuk rescue dan flying fox . body harness membantu penggunanya untuk tetap dalam posisi duduk.


• Sit harnes, merupakan peralatan yang dikenakan oleh pemanjat untuk di kenakan pada pinggang dan memiliki banyak fungsi. seperti,mengaitkan body pemanjat pada tali pengaman. benda ini juga merupakan tempat dimana alat-alat panjat seperti piton, sling, carabiner, chock , maupun peralatan lain yang dibutuhkan.



- Alat penambat / Belay Device, dipergunakan untuk mengamankan pemanjat dari jatuh ketika melakukan pemanjatan



• Sarung tangan, akan melindungi tangan bagi belayer ketika mengamankan pemanjat maupun rapler dari bahaya gesekan telapak tangan dengan tali pengaman.

• Hammer/palu, sangat dibutuhkan untuk pemasangan pengaman buatan berupa piton pada panjat tebing, cara membawa hammer akan lebih mudah bagi pemanjat jika tali pada hammer disilangkan pada bahu pemanjat.

• Carabiners, diciptakan untuk menggabungkan berbagai jenis peralatan. Carabiners memiliki banyak bentuk dan variasi, umumnya carabiners dibagi menjadi dua jenis, yaitu carabiner non screw gate dan carabiner screw gate. Carabiners biasa dihubungkan pada tali maupun pengaman untuk pemanjatan, carabiner sangat kuat karena sebuah nyawa disandarkan pada carabiner ketika dilakukan suatu pemanjatan dari bahaya jatuhnya pemanjat dari ketinggian.




• Quickdraw/runner, merupakan gabungan antara prusik dan dua buah carabiner. Biasanya digunakan untuk menjadi bagian penyambung antara chocks, friends, tricams, bolts ataupun pitons terhadap tali carnmantel.


• Hand ascender, merupakan peralatan yang digunakan untuk membantu pemanjat dalam menaiki tebing dan bertumpu pada bantuan tali, secara otomatis hand ascender maupun jenis ascender lainnya akan mencatut tali jika diberi beban dan akan mudah digeser jika tidak memiiki beban.


• Ascender handle, juga merupakan jenis ascender. Ascender handle merupakan pengembangan dari hand ascender dengan fungsi yang dimiliki kurang lebih sama. 


 

• Rigger plate, berfungsi sebagai plat conector dari anchor point ke lintasan, karena dalam beberapa kasus dibutuhkan beberapa lintasan dalam satu anchor point fix. Rigger plate terdiri dari sebuah plat yang memiliki beberapa lubang, yang dapat ditempati oleh lebih dari 2 pengaman.

 


• Edge Rollers, Merupakan pelindung tali yang didesign untuk mencegah terjadinya gesekan antara tali dengan sudut bidang, dinding batu, dan sebagainya.




• Padding, berfungsi untuk memberi perlindungan pada tali dari gesekan benda tajam, seperti gesekan tali dengan sudut tebing, dinding,dll. Padding terbuat dari bahan terpal, canvas, matras, karet tebal yang tahan terhadap gesekan.



• Cams/ friends/ spring loaded camming device (SLCD), Friends merupakan salah satu jenis pengaman sisip yang digunakan dalam panjat tebing, anda dapat menarik tuas baja yang membuat bagian ujung friends menyempit dan melepaskannya pada celah yang diinginkan. Friends sangat fleksible, karena dapat digunakan pada berbagai ukuran celah/rongga.





• Pitons, merupakan pengaman yang ditancapkan pada rongga-rongga tebing, piton memiliki empat jenis yaitu Bongs, Bugaboons, Knife-blades dan Angle.



• Nuts/Chock friends merupakan jenis pengaman sisip yang dimana cara penggunaannya dengan menyelipkan nuts pada sebuah rekahan yang sesuai. Nuts/Chock friends memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk itu nuts biasanya tersedia dalam set.





• Hexes/chock hexentris, memiliki fungsi yang sama dengan nuts tetapi hexes berbentuk tabung segi enam. Hexes tetap memiliki kekuatan yang baik walaupun agak sulit dalam penggunaannya. Hexes tersedia dalam beberapa ukuran. 


 



• Tricams, merupakan pengaman sisip selanjutnya. walaupun berbeda bentuk, tetapi fungsinya sama dengan nuts dan hexes. Pemakaiannya relatif sulit, tidak dianjurkan dipakai untuk pemula.





• Figure eight/figur delapan, peralatan ini termasuk salah satu Descender adalah alat bantu yang digunakan untuk menuruni medan vertical dan tali sebagai jalur. Bentuknya menyerupai angka 8, ukuran dan bentuknya bermacam-macam, strength rate 3000 kg., menggunakan alat ini menyebabkan puntiran pada tali salah satu kelemahan alat ini ketika digunakan.





• Autostop, berfungsi sebagai desender dan ini di-design untuk pengereman automatis, system kerja pengereman automatis akan bekerja ketika handle kita lepaskan. Selain itu alat ini dapat juga digunakan sebagai alat belay (belay device) untuk menurunkan korban dari ketinggian, atau dapat juga kita gunakan untuk ascending dengan tambahan kombinasi ascender.


http://id.wikipedia.org/wiki/Panjat_tebing

12 komentar:

  1. Panjat tebing memang merupakan olahraga yang sangat menantang. Selain itu panjat tebing juga membutuhkan kekuatan fisik yang prima. Diperoleh informasi dari http://bit.ly/MaJLO3 bahwa saat ini juga telah ada panjat tebing di dalam rumah. Unik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat Membantu Informasi tentang Macam-macam simpul.

      Salam kenal kami dari Komunitas Panjat Tebing Magetan ingin berbagi beberapa artikel sebagai berikut

      Pengenalan Alat Panjat Tebing

      Pengertian Survival | Bertahan Hidup Alam Bebas

      Macam Simpul Dalam Panjat Tebing

      Silakan berkunjung ke blog kami. trimakasih dan salam lestari

      Hapus
  2. Keren ini infonya.... kalo perlu kebutuhan panjat tebing bisa buka web: www.motionclimb.com

    BalasHapus
  3. wajib banget nih kita tau macem dan fungsi dari gear panjat tebing, biar kegiatan lancar dan berhasil deh naklukin tebing-tebing ekstrim

    BalasHapus
  4. klo untuk pembersihan gedung bisa di pake gak kaka ??? mohon infonya (newbie)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bekerja di ketinggian atau biasa disebut rope access, direkomendasikan menggunakan body harness atau full body harness khusus rope access perlengkapan yang bisa dipake itu autostop tapi rekomendasinya menggunakan alat decender yang khusus untuk rope access kayak petzl id, petzl rack,ISC spyder dan lain-lain trus yang paling penting kita harus punya dua tali kernmantel semi statis, satu tali untuk kerja, tali yang lain untuk pengaman nah di tali pengaman itu kita sangkutkan alat yang bahasa sononya rope clamp kayak petzl shunt, petzl ASAP, CAMP goblin, ISC RED dan yang terakhir itu padding untuk melindungi tali dari gesekan dengan tembok

      Hapus
  5. trimakasih gan sangat membantu ketepan ni saya susah nyari cara cara memanjat tebing,,

    BalasHapus
  6. Pusat perlengkapan safety di LTC Jakarta
    www.rianjayasafety.com

    BalasHapus
  7. Terimakasih, dari sinisy baru ngerti berkaitan alat-alat yang dibutuhkan seorang pemanjat tebing. Semoga terus menulis untuk pembelajaran

    BalasHapus
  8. Terimakasih untuk informasinya, cukup lengkap pembahasannya

    BalasHapus